Press "Enter" to skip to content

UPAYA TINGKATKAN SDM, DKP3 BANJARBARU GELAR EKSPOS


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarbaru berhasil melaksanakan Ekspos Finalisasi Pola Pangan Harapan di Kampung Lauk, Kamis (7/12/2023).

Kepala DKP3 Banjarbaru, Abu Yajid Bustami menekankan, pentingnya finalisasi pola pangan harapan sebagai langkah strategis menuju ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Menurutnya, keterlibatan semua pihak dalam proses perencanaan ini adalah kunci keberhasilan, memastikan implementasi kebijakan berjalan efektif.

“Pola pangan harapan ini menjadi ukuran untuk tingkat konsumsi dan ketersediaan pangan di Kota Banjarbaru,” ujar Abu Yajid.

Ia juga menyoroti perlunya perhitungan yang cermat terhadap pola pangan harapan ini. Semakin tinggi nilainya, semakin tinggi tingkat ketersediaan dan konsumsi keberagaman pangan, sehingga gizi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

“Dengan pemenuhan gizi yang lebih baik, diharapkan akan meningkatkan Sumber Daya Manusia yang baik dan menurunkan angka stunting,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Kota Banjarbaru, Wiwien Robiaty, menekankan aspek penting dari pola pangan harapan ini, yaitu diversifikasi sumber pangan.

“Kami telah mendorong petani untuk beralih ke pertanian organik dan sistem pertanian terpadu. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada bahan pangan tertentu serta meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim,” ucapnya

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *