Press "Enter" to skip to content

CETAK KEMASAN PRODUK DI RUMAH KEMASAN BANJARBARU GRATIS


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Rumah Kemasan Dinas Perdagangan Banjarbaru telah membuka layanan pembuatan kemasan produk secara gratis sejak November 2023, dengan prioritas bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) baru.

Salah satu contoh keberhasilan layanan ini adalah Wiwik Lestari, seorang pelaku IKM makanan ringan dari Kelurahan Guntung Paikat. Wiwik memgatakan, keberadaan Rumah Kemasan sangat membantu kelancaran usahanya.

“Bisa konsultasi langsung pembuatan kemasan, agar lebih menarik untuk dijual di pasaran,” ujarnya, Rabu (6/12/2023).

Pelaku IKM yang ingin memanfaatkan fasilitas ini hanya perlu mengunjungi Rumah Kemasan Banjarbaru. Di sana, petugas akan membantu dalam desain produk, dan setelah persetujuan dari pelaku IKM, kemasan produk siap untuk dicetak.

“Kami batasi jumlahnya, masing-masing pelaku IKM bisa mendapatkan 100 pcs kemasan,” kata Kabid Industri Dinas Perdagangan Banjarbaru, Syaidah.

Hingga saat ini, sudah delapan pelaku IKM yang memanfaatkan fasilitas ini. “Enam pelaku IKM sudah mendapatkan kemasan, sedangkan dua lainnya masih dalam proses,” jelas Syaidah.

Selain pembuatan kemasan, pelaku IKM juga mendapatkan pendampingan dalam aspek perizinan seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal. “Kami juga melakukan pendampingan pelaku IKM untuk masuk ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Nasional (Sinas),” tambahnya.

Dengan adanya fasilitas pembuatan kemasan produk gratis dan pendampingan ini, diharapkan dapat meningkatkan daya jual produk IKM di Banjarbaru. “Kualitas kemasan produk yang kami buat tidak kalah dengan yang beredar di pasaran,” ungkap Syaidah dengan harapan meningkatnya pengakuan terhadap produk IKM lokal.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *