Press "Enter" to skip to content

PROGRAM PROPEMPERDA KOTA BANJARBARU 2024 DISAMPAIKAN WALI KOTA BANJARBARU

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin sampaikan Raperda tentang pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, Rabu (13/3/2024) di ruang paripurna DPRD Banjarbaru.

RPJPD yang di sampaikan tersebut merupakan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tambahan Kota Banjarbaru 2024.

Menurut Aditya, urgensi Raperda ini sangat penting. Mengingat arah kebijakan dan arah pembangunan Banjarbaru 20 tahun ke depan.

“Dalam penyusunannya, Raperda ini dibantu oleh Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan beberapa konsultan,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Aditya, Raperda ini menjadi atensi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Yang mana, tiap daerah diberikan target dalam penyelesaiannya.

“Sudah diberi target oleh Kemendagri bulan Agustus 2024, sudah harus rampung,” tambah Aditya.

Aditya berharap, adanya propemperda ini dapat berkesesuaian dengan arah kebijakan Kota Banjarbaru ke depan.

Terpisah, Ketua Badan Pembetukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Banjarbaru, Windi Novianto mengatakan hadirnya Propemperda tambahan ini sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 Tahun 2024.

Mengingat, Raperda RPJPD Banjarbaru tahun 2025-2045 merupakan acuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan stakeholder terkait dalam mewujudkan tujuan pembangunan daerah.

“Yang memuat visi, misi arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan dalam jangka panjang yakni 20 tahun,” kata Windi.

Diakhir, Windi berharap dalam penyusunan Raperda ini adanya dukungan dari berbagai pihak. Baik itu pimpinan DPRD Banjarbaru, pimpinan Komisi, maupun pimpinan fraksi.

“Agar penambahan program pembentukan Perda ini dapat direalisasikan, sehingga dapat menjadi sumbangsih bagi peningkatan kinerja DPRD Banjarbaru,” tutupnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *