Press "Enter" to skip to content

TUJUH PELANGGARAN INI BAKAL JADI PRIORITAS TINDAKAN DI OPERASI ZEBRA INTAN 2023

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Sebanyak 35 personel di Polres Banjarbaru dikerahkan dalam rangka menjalankan Operasi Zebra Intan 2023. Operasi itu, digelar oleh semua Polres untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas, guna mengurangi angka kecelakaan serta pelanggaran di jalan.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah mengatakan, operasi ini akan digelar selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 4 hingga 17 September 2023 mendatang.

“Dalam operasi ini pentingnya menjaga keselamatan dan ketertiban lalu lintas, merupakan suatu hal yang harus kita jaga dan kelola dengan baik,” ucapnya.

Menurutnya, saat ini hampir sebagian besar aktivitas masyarakat menggunakan prasarana jalan sebagai bagian penting dalam kesehariannya.

“Operasi ini akan mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik, baik statis maupun mobile dan teguran simpatik,” katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Banjarbaru AKP GM Angga Satrya Wibawa menjelaskan, dalam operasi ini ada tujuh pelanggaran prioritas yang akan ditegakan menggunakan ETLE Mobile.

Pelanggaran itu, seperti berkendara sambil menggunakan handphone, pengendara dibawah umur, pengendara yang berbonceng lebih dari satu orang, pengendara yang tidak menggunakan helm dan sabuk pengaman bagi roda empat.

Lalu, pengendara dibawah pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus, dan pengemdara yang melebihi batas kecepatan maksimal.

“Penindakan juga akan dilakulan berupa tilang ditempat. Namun, ketentuan itu berlaku jika pelanggaran tersebut sudah sangat fatal,” kata AKP Angga.

Dirinya mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya menciptakan lalu lintas yang aman dan tertib selama pelaksanaan Operasi Zebra Intan-2023 berlangsung.

“Kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas adalah kunci untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran, serta meningkatkan keselamatan semua pengguna jalan,” ujarnya.
(Randi, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.