Press "Enter" to skip to content

SIMAK, ENAM IMBAUAN KAPOLRES BANJARBARU SAAT BULAN RAMADAN: JAGA SITUASI KAMTIBMAS

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah, berikan beberapa imbauan dalam upaya menjaga situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) selama Bulan Ramadhan 1445 H/2024 M.

Hal tersebut dikatakannya, Senin (11/3/2024). Menerutnya, ada beberapa imbauan yang dirinya berikan untuk menjaga situasi Kamtibmas saat bulan Ramadan.

“Dilarang melakukan konvoi atau arak-arakan kendaraan pada saat sahur, kebut-kebutan, balapan liar, dan berkendara dengan memakai knalpot yang tidak sesuai standar,” ujarnya

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan gangguan ketertiban di jalan raya.

Selanjutnya, masyarakat dihimbau untuk tidak bermain petasan atau bahan peledak lainnya yang dapat mengganggu ketertiban umum dan membahayakan diri sendiri serta orang lain.

“Tindakan ini penting guna menjaga keamanan dan kenyamanan bersama selama bulan ramadan, katanya.

Selain itu, Kspolres juga meminta agar, menghindari kegiatan pertemuan, nongkrong, atau berkumpul yang bisa berujung terjadinya tawuran atau perkelahian khususnya bagi para remaja. Hal ini sebagai langkah preventif untuk mengurangi potensi terjadinya konflik di masyarakat.

“Terpenting untuk meningkatkan iman dan taqwa serta menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat dan dapat mengurangi nilai ibadah puasa. Hal ini sebagai bentuk pengingat untuk memperkokoh spiritualitas dan kesalehan selama Bulan Ramadhan,” ucapnya.

Meski demikian, masyarakat juga diminta untuk menjaga toleransi dan saling menghargai antar umat beragama. Keharmonisan antar umat beragama merupakan kunci dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di bulan suci ramadan.

Terakhir, masyarakat diminta untuk selalu waspada terhadap segala jenis kejahatan, memastikan rumah dalam keadaan terkunci, dan aman pada saat ditinggalkan.

“Hal ini sebagai langkah preventif untuk mengurangi potensi terjadinya tindak kriminal selama bulan ramadan,” terangnya.

Kapolres Banjarbaru mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di bulan suci ramadan demi terciptanya keamanan, ketertiban, dan kenyamanan bersama.
(Randi, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *