Press "Enter" to skip to content

RSDI BANJARBARU GELAR SENAM SEHAT DAN SOSIALISASI BANTUAN DASAR SERANGAN JANTUNG


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Dalam rangka memperingati hari jantung sedunia, RSDI Kota Banjarbaru menggelar senam jantung sehat, Jumat (22/9/2023), di halaman gedung RSDI Banjarbaru. Kegiatan itu juga, diikuti oleh Direktur RSDI Banjarbaru dr Danny Indrawardhana.

Selain melaksanakan senam, kegiatan tersebut juga diisi dengan pelatihan banatuan dasar penanganan serangan jantung bagi masyarakat awam.

dr Faizal Rahman, dokter spesialis jantung di RSDI Banjarbaru mengatakan, ada beragam jenis penyakit jantung yang dia tangani. Di antaranya, jantung coroner, jantung bengkak, gangguan irama jantung, dan penyakit jantung bawaan.

“Tentang penyakit jantung bengkak, atau dalam istilah medis kardiaonegali disebabkan berlebihnya darah atau cairan di dalam jantung. Bisa juga disebabkan adanya tekanan pada jantung yang umumnya dialami mereka yang hipertensi,” ucapnya.

Adapaun ciri-cirinya, kata dr Faizal, penderita penyakit ini biasanya akan mudah capek dan jantung mudah berdebar. “Pada penderita jantung bengkak, juga akan merasakan nyeri pada dada,” ujarnya.

Jika mendapati atau merasakan salah satu ciri-ciri tersebut, lanjutnya, agar segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung.

‘Karena jika ciri-ciri tersebut dirasakan, kemungkinannya jantung telah membengkak. Maka harus segera ditangani sebelum makin parah,” katanya.
(Randi, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.