Reading Time: < 1 minute

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Sebanyak 250 kantong darah berhasil dikumpulkan RSDI Banjarbaru, dalam kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan selama 5 tahun terakhir. Dengan menggandeng PT Arutmin Indonesia, kegiatan ini diharapkan membantu kebutuhan stok darah bagi pasien.

Direktur RSDI Banjarbaru dr Danny Indrawardhana melalui Kepala Unit Humas, Pemasar dan PKRS, Alfrico Ronaldi Purba mengatakan, kegiatan dilakukan selama dua hari. Hari pertama mendapat 200 kantong, dan hari kedua mendapat 50 kantong darah.

“Kegiatan donor darah ini didukung PT Arutmin Indonesia, dimana mereka menyediakan sembako bagi siapapun yang berpartisipasi mendonorkan darahnya. Dengan mendonorkan darah, selain menyehatkan juga akan sangat membantu bagi orang lain yang membutuhkan,” ucapnya.

Ketersediaan stok darah di RSDI Kota Banjarbaru, ucap Alfrico, terus menjadi perhatian dalam memenuhi ketersediannya hingga perkiraan di waktu ke depan. Apalagi mengingat di rumah sakit Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan ini terdapat layanan khusus untuk pasien Talasemia yang terikat dengan kebutuhan stok darah rutin.

“Yang kita pikirkan adalah perkiraannya sampai berapa lama. Kemudian ada juga pasien yang membutuhkan trombosit, sehingga darah yang diperlukan adalah darah yang baru. Sedangkan yang kita punya adalah darah yang telah disimpan berhari-hari. Oleh karennanya kebutuhan stok darah ini menjadi perhatian khusus bagi kami,” ujarnya.

Alfrico meminta dukungan dan bantuan kepada masyarakat untuk menyebarkan informasi ihwal kebutuhan darah di RSD Idaman secara luas. Termasuk untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan donor darah secara sukarela yang dilaksanakan RSD Idaman Banjarbaru.

“Kita berharap partisipasi masyarakat untuk mengikuti kegiatan donor darah. Donor darah bermanfaat untuk orang lain dan diri sendiri,” ucapnya.