Press "Enter" to skip to content

PULUHAN PASIEN GRATIS OPERASI KATARAK DI RSDI BANJARBARU


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – RSDI Kota Banjarbaru kembali melakuksn kegiatan skrining dan operasi katarak gratis bagi masyarakat tidak mampu, Senin (4/12/2023). Kegiatan itu dilakukan bekerjasama dengan Kementrian Sosial (Kemensos) RI.

Tercatat hingga siang tadi ada 44 pasien yang mendapatkan pelayanan skrining katarak gratis ini.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana melalui Kepala Bidang Pelayanan dr Siti Ningsih, mengungkapkan bahwa untuk kegiatan ini melibatkan BRSPDM “Budi Luhur” dan BBPPKS.

“Jadi kegiatan ini merupakan program Kemensos dengan target 50 orang. Pelaksananya dari Budi Luhur dan BBPPKS. Disini kami (RSD Idaman) sebagai tempat pelaksanaan dan memfasilitasi. Alhamdulillah, banyak yang merasakan manfaat dari kegiatan ini,” ucapnya.

Dijelaskan dr Siti, berdasarkan hasil skrining katarak yang dilaksanakan hari ini, nantinya pasien yang telah dinyatakan layak selanjutnya akan dijadwalkan operasi katarak. Untuk pelaksanaannya sendiri dilakukan pada pertengahan Desember.

“Insya Allah, bagi pasien yang hari ini dinyatakan layak berdasarkan hasil skrining tanggal 16 Desember akan dilaksanakan operasi kataraknya. Semua ini gratis,” ujar.

Pentingnya pelayanan operasi katarak gratis, lantaran keterlambatan penanganan dapat menurunkan produktifitas pasien bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Terkhususnya, bagi masyarakat pra sejahtera, operasi katarak gratis ini tidak hanya memperjelas penglihatan tapi berdampak signifikan pada kehidupan keluarga.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *