Press "Enter" to skip to content

KRISIS PANGAN GLOBAL, LAUNCHING PRIORITAS KODAM

Batola, SuratKabarDigital.com – Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengikuti acara Program Prioritas Kodam VI/Mulawarman yang dilaunching oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1005 Batola Letkol Arm Ari Priyudono, Jumat (17/12/2021). Dandim 1005/Batola Ari Priyudono mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan jajaran kodim terhadap budidaya program unggulan ketahanan pangan.

“Melalui cara ini bisa memacu masyarakat dan jajaran kodim untuk membudidayakan segala jenis pangan dalam upaya menciptakan ketahanan pangan,” ujarnya.

Launching yang juga dilakukan secara live bersama Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Teguh P Rumekso ini telah diterapkan tanaman padi jenis siam di lahan seluas 0,5 hektar, budidaya hurtikultura jenis cabai, kacang, tomat, dan kangkung di demplot seluas 0,5 hektar, serta tanaman hidroponik selada.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Teguh P Rumekso dalam sambutannya melalui vicon mengatakan, pandemi Covid-19 telah berdampak besar pada ekonomi dan ketahanan pangan.

Badan Kesehatan Dunia, lanjutnya, menyampaikan akan terjadi krisis pangan global sehingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespon peringatan tersebut dengan mengambil satu kebijakan untuk membentuk program ketahanan pangan di wilayah masing-masing.

“Pandemi Covid-19 telah menghambat pertumbuhan produksi pertanian dan mempengaruhi ketahanan pangan global sehingga menjadi kerangka program peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional dan merupakan program nyata pemulihan sistem ketahanan pangan pasca pandemi Covid-19,” katanya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *