Press "Enter" to skip to content

WUJUDKAN KAMPUNG BERSINAR, INI KEGIATAN DI POSKO KAMPUNG BEBAS NARKOBA DI CEMPAKA BANJARBARU


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Berdirinya posko kampung bebas narkoba di Kelurahan Cempaka Banjarbaru, ditujukan sebagai salah satu upaya memberantas narkotika, khususnya obat jenis zineth yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil Operasi Antik Intan 2023, ada sebanyak 8 LP dengan kasus obat-obatan jenis Zenith, dengan barang bukti dua ribu lebih obat zineth.

Posko yang didirikan oleh Polres Banjarbaru tersebut dikelola oleh masyarakat setempat, dan juga sudah membentuk struktur organisasi. Selain itu, posko tersebut juga bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya dari BNN Kota Banjarbaru, dan Yayasan Cobra.

Kapolres Banjarbaru AKBP Dody Harza Kusumah, melalui Kasat Narkoba Iptu dr Subroto Rindang Arie Setyawan mengatakan, visi dibangunnya posko tersebut yaitu mewujudkan Kelurahan Cempaka BERSINAR (bersih dari narkotika).

“Ada berbagai kegiatan yang dilakukan di posko tersebut. Yaitu sosialisasi lenyuluhan, kegiatan kreatif proaktif, institusi penerima wajib lapor, membuat rujukan IPWL oleh agen pemulihan, konseling, penegakan hukum oleh BNN dan Kepolisian, rehabilitasi, dan bakti sosial,” ucapnya, Jumat (11/8/2023).

Menurut Iptu dr Subroto, adanya posko tersebut secara perlahan dapat mengubah stigma masyarakat yang beranggapan bahwa, jika mengkonsumsi obat zineth akan kuat dan semangat bekerja.

“Obat zineth itu sebenarnya obat tulang, pabriknya juga sudah ditutup dan izin peredarannya sudah dihapus karena membahayakan. Jadi kami yakin pelan-pelan bisa mengubah stigma masyarakat yang masih mengkonsumsi,” katanya.

Masih kata Kasat Narkoba, mari bersama-sama saling bahu membahu berantas narkotika. Karena penggunaan narkotika sangat berbahaya dan dapat merusak generasi bangsa.
(Randi, red).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.