Press "Enter" to skip to content

RSDI BANJARBARU LAKUKAN SCREEANING KESEHATAN GRATIS DI MESS L BANJARBARU

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota Banjarbaru melaksanakan bhakti sosial donor darah dan screening kesehatan yang dipusatkan di Mess L Banjarbaru, Selasa (15/08/2023).

Dari kegiatan tersebut, sebanyak 100 kantong darah berhasil dikumpulkan. Tercatat jumlah peserta yang berhadir mencapai 134 orang.

Mayoritas para peserta ialah pegawai negeri sipil, polisi maupun pegawai swasta, dimana sebelum dilakukan pengambilan darah mereka lebih dulu menjalani pemeriksaan.

Kepala Dinas Sosial Kota Banjarbaru Rokhyat Riyadi, yang juga selaku Koordinator Pengabdian Masyarakat mengatakan, pelaksanaan kegiatan donor darah dan screening kesehatan untuk menanggulangi kondisi kekurangan stok darah di berbagai fasilitas kesehatan yang ada.

“Maka dari itu sekaligus dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, kami laksanakan donor darah dan screening kesehatan. Alhamdulillah target kami untuk mengumpulkan 100 kantong darah hari ini berhasil tercapai,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilanjutkannya, memiliki cukup peserta yang antusias berpartisipasi. Meskipun ada beberapa peserta yang belum dapat terakomodir lantaran belum sesuai dengan kriteria, Rokhyat mengatakan peserta masih memiliki untuk mendonorkan darahnya pada Rabu besok.

“Jadi kegiatan donor darah dan screening kesehatan ini sekali lagi akan kita adakan Rabu besok di Kantor Kelurahan Landasan Ulin Timur. Nah bagi yang tidak terkamodir hari ini bisa menghadiri kegiatan yang dilaksanakan besok,” lanjutnya.

Disisi lain, Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru Danny Indrawardhana, MMRS, mengatakan bahwa pihaknya mengutus Unit Pelayanan Transfusi Darah dalam menyukseskan kegiatan ini. Sedangkan untuk screening kesehatan ialah para tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru.

“Kita berkolaborasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Untuk stok darah yang terkumpul hari ini akan kita simpan dan akan kita pergunakan bagi masyarakat atau pasien di RSD Idaman yang membutuhkan,” tuturnya.

Dari segi kesehatan, lanjut Danny, mendonorkan darah juga memiliki manfaat bagi tubuh. Sederhananya darah yang didonorkan akan secara otomatis tergantikan dengan darah baru sehingga akan menyegarkan bagi tubuh para pendonor.

“Jangan takut untuk mendonorkan darah karena ada manfaatnya bagi tubuh kita. Mari ikuti, karena setetes darah kita sangat berharga bagi banyak orang yang membutuhkan,” tuntas Direktur RSD Idaman Banjarbaru.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.