Press "Enter" to skip to content

PRESTASI, BANJARBARU NILAI IPM TERTINGGI 2023


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin, berhasil memimpin kota tersebut menuju prestasi gemilang dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023.

Menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Selatan, IPM Banjarbaru mencapai 81,25, menjadikannya daerah tertinggi dalam pertumbuhan IPM di Kalsel.

Kota Banjarmasin berada di posisi kedua dengan nilai IPM 79,98, diikuti oleh Kabupaten Tabalong dengan nilai 75,43. Peningkatan signifikan ini mencerminkan upaya Pemerintah Kota Banjarbaru dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya di bawah kepemimpinan Wali Kota Aditya.

Aditya mengatakan, peningkatan IPM Banjarbaru melibatkan semua dimensi kehidupan. Dalam dimensi umur panjang dan hidup sehat, harapan hidup bayi di Banjarbaru meningkat menjadi 74,90 tahun.

“Demikian pula, dimensi pengetahuan mengalami peningkatan dengan harapan lama sekolah (HLS) penduduk usia 7 tahun naik menjadi 14,85 tahun,” ucapnya.

Rata-rata lama sekolah (RLS) penduduk usia 25 tahun ke atas juga mengalami peningkatan, mencapai 10,99 tahun. Selain itu, dalam dimensi standar hidup layak, rata-rata pengeluaran riil per kapita per tahun meningkat sebesar Rp 388 ribu.

Keberhasilan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Banjarbaru dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami akan terua mengimplementasikan program-program unggulan sejak 2021, membawa Banjarbaru semakin bersinar dan menjadi teladan di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *