Press "Enter" to skip to content

DEWAN BANJARBARU TANGGAPI SOAL KARHUTLA: SANGAT BERESIKO

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Memasuki musim kemarau saat ini, sangat rentan terjadinya kebakaran lahan. Wakil Ketua DPRD Kota Bandarbaru Taufik Rachman, meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam berkegiatan, khususnya yang berhubungan api.

“Tujuannya tidak lain untuk mengindari terjadinya kebakaran. Baik kebakaran pemukiman maupun kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” ujarnya.

Menurutnya, cuaca saat ini sangat beresiko terjadinya kebakaran tersebut. Masyarakat juga diminta untuk tidak membuka lahannya dengan cara dibakar.

“Jika ada yang kedapatan dan terbukti membakar lahan dengan sengaja, tentu wajib ditindak tegas. Karena kegiatan seperti ini jelas dilarang oleh undang-undang,” ucapnya.

Selain api yang membahayakan, dikatakan Taufik, asap yang ditimbulkan juga tentu sangat mengganggu aktivitas warga.

“Dampak yang paling jelas terasa terhadap kesehatan warga kita. Apalagi bagi pengidap penyakit asma,” katanya.

“Penanggulangan bencana Karhutla ini sangat tergantung dengan dukungan masyarakat. Jika hanya bergantung dengan pemerintah dan aparat hukum, maka tujuan dari pemberantasan karhutla ini tidak akan tercapai,” ujar Taufik.

Masih kata Taufik, masyarakat harus menghentikan kebiasaan membuka lahan dengan cara dibakar. Karena dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas ini sangat besar.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.