Tue. Jul 23rd, 2024

DED DAN AMDAL STADION OLAHRAGA BANJARBARU TELAH DISIAPKAN

Waktu Baca: < 1 minute


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Keinginan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru untuk mewujudkan pembangunan stadion olahraga terus berupaya dilakukan.

Bukti keseriusan itu, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mengadakan rapat Analisa dampak lingkungan (AMDAL) stadion, Rabu (29/5/2024) lalu.

“Kami terus melakukan kajian terkait rencana pembangunan stadion yaitu membahas pembahasan Amdal, RKL-RPL. Ini adalah bagian dari dokumen Amdal,”  kata Kabid Cipta Karya PUPR Banjarbaru, Nina Aphrodita.

Nina juga menjelaskan bahwa kelengkapan dokumen persiapan seperti Feasibility Study Detailed Engineering Design (DED), Andalalin dan Dokumen Lingkungan (Amdal) telah dipersiapkan secara matang.

“Pembangunan stadion ini sendiri rencananya akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan, Pemko Banjarbaru akan membangun bangunan pendukung dan rencana kesiapan dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), seperti venue – venue yang berlokasi di sekitaran stadion tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Kabid Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan Bapperida Banjarbaru, Erwin menyatakan Pemko Banjarbaru telah mengusulkan pembangunan stadion ini ke pemerintah pusat melalui pemerintah Provinsi.

Pencanangan pembangunan stadion ini, selaras dengan adanya Perpres percepatan  pembangunan di Kalimantan Selatan, bahwa dalam Perpres tersebut menyebutkan Banjarbaru menjadi pusat olahraga di kawasan Banjarbakula.

“Yang menjadi usulan kami, paling tidak sarana dan prasarana harus tersedia,” ujar Erwin.

Ia menegaskan bahwa persiapan dokumen-dokumen pendukung, kata Erwin merupakan bentuk kesiapan Pemko Banjarbaru jika nantinya usulan yang ada dapat terealisasi.

“Kami juga masih menunggu, usulan pembangunan stadion ini,” jelasnya.

Erwin juga menyampaikan, apakah nantinya usulan tersebut akan menjadi proyek strategis, tentunya akan menjadi perhatian utama Pemko Banjarbaru.

“Kami upayakan ada komunikasi dengan pihak Provinsi, bahwa stadion ini merupakan pembangunan strategis,” ujarnya.

Penko Banjarbaru melalui Dinas PUPR, sejak tahun 2022 telah melakukan ekspos DED perihal perencanaan pembangunan stadion ini.

Pemko Banjarbaru juga getol melakukan komunikasi bahkan pernah menyambangi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menyampaikan usulan pembangunan infrastuktur olahraga ini.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *