Press "Enter" to skip to content

11 LKPJ DISAMPAIKAN DPRD BANJARBARU


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru,  menyampaikan 11 rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Wali Kota tahun anggaran 2023.

Penyampaian rekomendasi atas LKPj Wali Kota HM Aditya Mufti Ariffin tahun 2023 dilakukan dengan dilaksanakannya rapat Paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD Fadliansyah di gedung DPRD Kota Banjarbaru Sabtu (6/4/2024) yang dibacakan oleh juru bicara DPRD, Windi Novianto.

“DPRD memiliki kewenangan untuk melakukan evaluasi berisi catatan strategis terhadap implementasi program dan rekomendasi. Catatan itu sebagai masukan kepada pemerintah kota,” ujar Windi.

Rekomendasi  yang disampaikan juru bicara DPRD Windi Novianto terkait permasalahan jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi, penanganan stunting, dan pengelolaan pendapatan asli daerah.

Hal lain yang juga disoroti oleh DPRD adalah realisasi belanja daerah, program pengelolaan pendidikan, program pemenuhan kesehatan, program Banjarbaru Maju, Agamis dan Sejahtera (Juara).

“Banjarbaru Juara menjadi program unggulan Pemkot Banjarbaru yang harus dilakukan berkesinambungan salah satunya RT Mandiri. Semua itu harus terkoneksi dengan program lain sehingga mampu mencapai target yang diharapkan,” terangnya.

Satu hal yang juga menjadi sorotan adalah terkait kemajuan penyusunan Rencana Rinci Tata Ruang (RRTR) Banjarbaru.

Pasalnya RRTR capaiannya hanya 0 persen dari target 25 persen, namun DPRD juga mengapresiasi atas berbagai penghargaan yang diraih.

“Rekomendasi DPRD Banjarbaru, penyusunan RRTH harus mendapat perhatian penting pemerintah kota dan dievaluasi melalui koordinasi SKPD serta pihak terkait dalam penetapan perda RTRW,” tegas Politiasi PDIP itu.

Terpisah, Ketua DPRD Fadliansyah meminta rekomendasi yang disampaikan itu menjadi bahan evaluasi bagi Wali Kota melalui jajaran sehingga dapat mewujudkan rencana dan program kerja sesuai target.

“Kami minta rekomendasi DPRD itu mendapat perhatian wali kota dan jajaran melalui langkah evaluasi atau perbaikan sehingga kinerja maupun program berjalan sesuai rencana dan target,” pesan Fadliansyah.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, HM Aditya Mufti Ariffin mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi atas catatan dan rekomendasi LKPj tahun 2023.

“Tentunya dengan catatan dan rekomendasi yang disampaikan DPRD sangat penting bagi kami. Kedepan akan kami evaluasi dan mencari titik persolaan di mana agar bisa segera diperbaiki,” katanya seusai sidang Paripurna.

Orang nomor satu di Banjarbaru itu juga mengatakan, atas rekomendasi san catatan tersebut merupakan bentuk kesinergian antara DPRD dan pemerintah.

“Tanpa adanya catatan dan rekomendasi maka tentunya kami tidak bisa mengetahui apa saja program yang harus dibenahi. Dengan adanya rekomendasi ini, kedepan pemerintah akan lebih optimal lagi dalam menjalankan program,” tandasnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *