Press "Enter" to skip to content

Q MALL BANJARBARU JELASKAN PERBAIKAN IPAL, WARGA: NIAT BAIK DARI KEDUA BELAH PIHAK

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Managemen Q Mall Banjarbaru temui secara langsung dengan perwakilan warga yang bermukim di sekitar mall baik dari Kota Banjarbaru maupun Kabupaten Banjar, Kamis (13/4/2023).

Pertemuan sekaligus buka puasa bersama itu, dilatar belakangi adanya keluhan warga sekitar terkait bau yang tidak sedap dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal) Q Mall Banjarbaru.

General Manager (GM) Q Mall Banjarbaru, Andi Indrawangsa mengatakan, pertemuan ini dihadiri oleh para tokoh, Ketua Rt dan warga setempat di Rt 1, 2, 3, 5 dan Rt 8.

“Dipertemuan ini kami sosialisasikan mengenai bagaimana Q Mall bisa memberikan output Ipal yang lebih baik ke depannya agar tidak ada komplain lagi dari warga dan sekitarnya,” ujarnya.

Menurutnya, selama proses perbaikan Ipal 1 dan Ipal 2, pada saat pembuangan limbah nanti juga dilakukan treatment dalam hal ini diturunkan petugas khusus untuk membersihkan area sungai tersebut dalam waktu 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

“Sesuai kesepakatan kami dengan warga, kami diberikan warga waktu selama dua minggu. Warga mengijinkan kami beberapa hasil pengolahan limbah itu kami buang di sungai,” katanya. 

Setelah perbaikan Ipal 1 dan Ipal 2 rampung, dilanjutkannya, tidak ada lagi bau dan air yang dihasilkan dari pembuangan hasil pengolahan limbah pun jernih.

“Setalah Ipal 1 dan Ipal 2 sudah selesai kami akan treatment lagi. Ada beberapa material yang ditambahkan lagi seperti instalasi pipa dan UV,” katanya.

Masih kata Andri, treatmen tersebut nantinya menghasilkan air yang sangat jernih. Hal tersebur merupakan komitmen Q Mall kepada masyarakat bahwa Q Mall tidak diam. 

Sementara itu, perwakilan dari Rt1 Rw 1 Hamdani Sahdan warga Kelurahan Sungai Ulin, yang didampingi oleh RT 8 RW 3 H Samun warga Batas Kota, Sungai Paring, Kabupaten Banjar menyambut baik udangan dari managemen Q Mall.

“Saya kira setelah pertemuan langsung tadi tentu lebih positif, ada niat baik dari kedua belah pihak. Kami sebagi warga bisa mengerti atas penjelasan yang telah disampaikan pihak Q Mall,” ujar Hamdani. 

Menurut Hamdani, pihak Q Mall ini punya niat baik untuk menyelesaikan limbah terlihat dari kesekian kalinya mengganti konsultan untuk menyelesaikan hal tersebut.

“Niat baik ini kami hargai. Ini pertemuan formal yang pertama, sebelumnya kami hanya komunikasi melalui telepon,” katanya.

(Randi, Rudy Azhary, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.