Tue. Jul 23rd, 2024
Waktu Baca: < 1 minute

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah Akbar mengatakan, pembahasan rancangan APBD tahun 2024 akan dibahas menyeluruh oleh seluruh anggota dewan bersama tim pemerintah kota setempat.

Hal tersebut dikatakannya, (9/9/2023), saat rapat paripurna yang digelar di DPRD Banjarbaru. Menurutnya, pembahasan rancangan APBD akan dilakukan menyeluruh.

“Kami siap fokus membahas berbagai program yang direncanakan pemkot selama satu tahun ke depan,” katanya.

Pembahasan menyeluruh dan mendalam itu, kata Fadli, akan dilakukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat program terhadap kepentingan masyarakat yang tentu harus lebih diprioritaskan.

“Kami sudah sepakat bersama seluruh anggota DPRD untuk mendukung program yang sudah direncanakan pemkot sesuai dengan kebutuhan dan bukan keinginan agar hasilnya dirasakan masyarakat,” ucapnya.

Fadli melanjutkan, program yang didukung seperti pembangunan infrastruktur baik jalan dan jembatan, fasilitas air bersih termasuk program pendidikan dan kesehatan yang harus dipenuhi pemerintah demi masyarakat.

“Program yang berpihak terhadap masyarakat tentu kami dukung dan diharapkan terealisasi sesuai apa yang direncanakan sehingga seluruh hasil dirasakan masyarakat,” ujarnya

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin menyampaikan, rancangan APBD tahun 2024 pada rapat paripurna yang terdiri dari pendapatan dan belanja selama satu tahun ke depan.

“Belanja daerah tahun 2024 dalam rancangan APBD diproyeksi sebesar Rp1,3 triliun yang terdiri dari belanja operasi, belanja modal dan belanja tidak terduga,” ujar Aditya.

Dari sisi pendapatan daerah diproyeksikan sebesar Rp1,2 triliun yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp329,3 miliar dan pendapatan transfer pemerintah pusat sebesar Rp962,8 miliar.

“Proyeksi pendapatan dan belanja daerah itu terjadi selisih sehingga menyebabkan defisit anggaran sebesar Rp90,7 miliar yang ditutupi dengan Silpa, dana cadangan daerah dan pembiayaan,” kata Aditya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *