Press "Enter" to skip to content

RATUSAN PASIEN DBD DIRAWAT DI RSDI BANJARBARU

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Jumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditangani Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru, sempat mengalami lonjakan dalam dua bulan terakhir.  

Direktur RSD Idaman Banjarbaru melalui Kepala Unit Humas Pemasaran dan PKRS, Alfrico Ronaldi Purba mengatakan ada sebanyak 154 pasien DBD yang menjalani perawatan di RSD Idaman per Januari 2024 lalu. 

“Bulan November 2023 ada 29 pasien. Lalu dibulan Desember ada 146 pasien yang dirawat. Sehingga dibandingkan dari dua bulan terakhir, ada peningkatan pasien DBD yang menjalani rawat inap pada awal tahun 2024 ini,” terang Rico, Kamis (1/2/24). 

Sebagian besar kata Rico, pasien DBD yang ditangani dan dirawat di RSD Idaman Banjarbaru didominasi oleh kalangan anak-anak.

“Dari gejala demam, saat diperiksa statusnya sudah terjangkit DBD,” ujarnya. 

Disisi lain, Rico mengungkapkan bahwa daya tampung ruang perawatan di RSD Idaman Banjarbaru sempat mengalami kelebihan kapasitas alias penuh. Hal ini dikarenakan banyaknya pasien DBD yang ditangani. 

“Sempat ada antrean, termasuk ruangan rawat inap, ruangan Intensive Care Unit (ICU) dan ruangan Unit Gawat Darurat (UGD),” ungkapnya.

Bahkan lanjut Rico, beberapa pasien DBD juga harus mendapatkan perawatan di ruang ICU.

“Beberapa pasien DBD juga statusnya kritis perlu perawatan intensif, sebelum rawat inap,” katanya.

Riko menambahkan, semua pasien DBD saat ini sudah menjalani perawatan di RSD Idaman Banjarbaru.

“Semua pasien sudah ditangani, saat ini juga pelayanan di Idaman sudah berangsur normal,” pungkasnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *