Press "Enter" to skip to content

PINJAMAN KUR UMKM DI BANJARBARU BEBAS BUNGA, DINAS KOPERASI USAHA MIKRO DAN TENAGA KERJA BANJARBARU: KAMI TANGGUNG


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – UMKM di Kota Banjarbaru yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala dengan modal, bisa ajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) melalui Bank daerah yakni Bank Kalsel.

Takut akan bunga pinjaman, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru bersedia menanggung bunga pinjaman KUR UMKM tersebut.

“Bisa ajukan pinjaman KUR, maksimal Rp 10 juta. Nanti bunganya kami yang menanggung,” ujar, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru, Sartono, Senin (8/1/2023).

Sartono menjelaskan, hal tersebut dilakukan guna membantu masyarakat dalam usahanya. Baik itu yang ingin memulai usaha, atau mengembangkan usahanya.

“Jadi pegiat UMKM di Banjarbaru bisa saja mengajukan pinjaman KUR ini. Mereka hanya bayar pokoknya saja, bunganya kami yang akan tanggung,” ucapnya.

Dikatakan Sartono, program tersebut sudah ada sejak tahun lalu. Namun, kurangnya sosialisasi membuat sebagian pegiat UMKM masih belum mengetahui hal tersebut.

Menurut data juga, ditahun 2023 baru sekitar 40 UMKM di Banjarbaru yang memanfaatkan program tersebut.

“Mungkin kurang sosialisasi sebelumnya. Karena saya baru menjabat di sini, maka program ini akan terus kami sosialisasikan,” katanya.

Selain itu juga, kata Sartono, pihaknya juga masih memfasilitasi produk-produk UMKM yang ingin mendapatkan sertifikasi halal, NIB dan kemasan produk.
(Randi, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *