Reading Time: < 1 minute

Batola, SuratKabarDigital.com – Bupati Barito Kuala Batola Hj Noormiliyani, melepas 20 atlet dari daerahnya yang akan memperkuat Kontingen Kalsel di PON XX Papua 2 – 15 Oktober 2021 mendatang, Selasa (21/9/2021). Selain atlet juga terdapat 2 wasit dan 1 pelatih yang akan ikut berangkat. Plt Kadisporbudpar Batola H Wahyudie SH MH mengatakan, penerima tali asih berjumlah 25 orang yang berasal dari wasit, pelatih, dan atlet dari 10 cabang olahraga yakni dayung, gulat, menembak, tinju, anggar, silat, renang, atletik, kursi roda, dan sepekbola CP.

“Nilai tali asih semula direncanakan diberikan masing-masing Rp2,5 juta, namun oleh Bupati Hj Noormiliyani AS ditambah Rp2,5 juta sehingga totalnya masing-masing menjadi Rp5 juta,” ucapnya.

Ketua KONI Batola, Dahlan menerangkan, seyognyanya atlit yang dikirim ke PON XX Papua ini berjumlah 22 orang, namun 2 berhalangan karena sakit sehingga yang diberangkatkan hanya 20 orang plus 2 wasit dan 1 pelatih.

Sementara cabang olahraga yang diikutkan terdiri dari dayung putra 6 orang, dayung putri 4 orang, gulat 1 orang, menembak 1 orang, tinju 1 orang, anggar 2 orang, dan silat 1 orang. Sedangkan untuk Peparnas direncanakan 8 namun 2 berhalangan sehingga yang berangkat hanya 6 orang masing-masing cabang renang diikuti Suriansyah dan Mariani, cabang atletik diikuti Fauzi, menembak diikuti Jumri, kursi roda 2 orang yakni Syarifuddin dan La Ode Hairun, serta sepakbola CP diikuti M Rizki Yoga Pradana.

Sementara itu, Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengatakan, PON merupakan salah satu ajang olahraga terbesar dan bergengsi bagi para atlet untuk mengejar sekaligus meraih prestasi.

“Disamping menjadi momentum sangat baik dalam mempersiapkan bibit-bibit berpotensi dan berbakat juga harus dapat dijadikan sarana untuk mengukur dan mengetahui sejauhmana perkembangan dan kemajuan pembinaan dan pelatihan yang dilakukan,” ujarnya.