Press "Enter" to skip to content

WARGA BANJARBARU TEMUKAN GRANAT DAN PELURU


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Seorang warga Kelurahan Guntung Manggis Kota Banjarbaru, temukan granat tangan (nanas) diduga masih aktif dan peluru di Komplek Mekatani, Sabtu (17/2/24) malam.

Temuan itu, pertama kali didapatkan oleh Maman Sumantri tahun 41, saat hendak memperbaiki kandang ayam di belakang rumahnya. 

Kapolres Banjarbaru, AKBP Dody Harza Kusumah melalui Kasi Humas, AKP Syahruji membenarkan atas temuan bahan peledak tersebut.

“Benar kami terima laporan adanya temuan bahan peledak dari warga yang hendak memperbaiki kandang ayam,” ucapnya.

AKP Syahruji menyebutkan, bahan peledak itu ditemukan Maman Sumantri saat menggali tanah di samping kandang ayam miliknya.

“Saat menggali tanah, saksi merasa ada benda keras yang mengenai linggisnya pada saat menggali. Lalu ditemukan 1 buah karung yang berisikan amunisi bahan peledak itu,” katanya.

Rinciannya sambung Syahruji, dalam karung itu didapati Granat nanas 1 buah (aktif), Peluru kaliber 9 mm 50 butir,  dan Amunisi kaliber 7,62 mm 26 butir.

Dikatakannya, dari pengakuan Maman Sumantri, bahan peledak itu merupakan milik orang tuanya yang merupakan seorang purnawirawan TNI AD.

“Dulunya amunisi dan granat tersebut sengaja dikubur oleh orang tuanya di halaman belakang rumah, namun sudah tidak ingat posisinya di mana,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Liang Anggang, Kompol Yudha Pardede mengatakan, saat ini bahan peladak itu sudah diserahkan ke Unit Gegana Sat Brimobda Kalimantan Selatan untuk diamankan.

“Tadi malam granat (aktif) sudah diledakkan, dan sisanya sudah diamankan,” ujarnya.
(Randi, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *