Press "Enter" to skip to content

RIBUAN PERSONEL TNI DAN POLRI DISIAPKAN UNTUK KEAMANAN PEMILU 2024


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Halaman Balai Kota Banjarbaru menjadi saksi dari sebuah simulasi penanganan pemilu 2024 (Sispamkota), Selasa (17/10/2023), yang diwarnai ketegangan. Massa yang datang berduyun-duyun mendekati kantor tersebut dan terjadi perkelahian antara pasukan keamanan TNI dan Polri yang berusaha menghalau aksi tersebut.

Penegakan keamanan mencapai puncaknya saat dua mobil water cannon dari Korps Brimob Polda Kalsel turun ke lapangan untuk mengendalikan situasi. Aksi ini merupakan bagian dari Apel Mantab Brata Intan 2003 – 2004.

Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Andi Rian Djajadi mengatakan, kegiatan simulasi tersebut adalah tahap terakhir untuk memastikan kesiapan pasukan untuk mengawal Pemilu 2024.

“Pemilu merupakan momen penting yang akan menentukan masa depan bangsa dan negara. Perlunya kerjasama antara Polri, TNI, dan komponen masyarakat lainnya untuk menjaga keamanan selama pemilu berlangsung,” ujarnya.

Kapolda Kalsel juga memberi perhatian khusus pada masalah terorisme yang harus diantisipasi pada Pemilu tahun 2024. Menurutnya, masyarakat harus bersinergi dengan penegak hukum dalam memberikan informasi apabila ada kecurigaan terkait dengan potensi tindakan terorisme.

“Kami juga telah menyiapkan sebanyak 6000 personel untuk menjaga keamanan selama Pemilu. Jumlah ini merupakan dua per tiga dari total kekuatan yang dimiliki oleh jajaran TNI dan Polri di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Disamping itu, Gubernur Kalimantan Selatan H Sabirin Noor mengucapkan, pentingnya kesuksesan pemilu 2024, karena jika terjadi kesalahan dalam langkah-langkah tersebut dapat membawa negara ke arah yang sulit.

“Simulasi yang dilakukan hari ini membuktikan kesiapan pasukan dalam menghadapi situasi yang mungkin muncul selama pemilu tahun 2024,” katanya.

Menurut Paman Birin, pemilu merupakan sebuah pesta demokrasi dan harus dihadapi dengan semangat gembira. Ia berharap bahwa kebahagiaan dan semangat dalam menghadapi Pemilu akan mewujudkan pelaksanaan Pemilu yang aman, damai, dan lancar.

“Terima kasih atas terselenggaranya simulasi tersebut dan mengingatkan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam proses pemilu,” ujar Paman Birin.
(Randi, red)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *