KAPUR GRATIS UNTUK WARGA BATOLA

Batola, SuratKabarDigital.com – Pemdes Kolam Kanan Programkan Pembagian Kapur Gratis kepada warga, guna menetralisir keasaman lahan di Desa Kolam Kanan Kecamatan Wanaraya Kabupaten Barito Kuala, Rabu (15/9/2021).

Di Desa Kolam Kanan ini, keasaman tanah cukup tinggi yang mana berkisar dari Ph 3 hingga Ph 5, adanya ketinggian zat asam pada tanah mengakibatkan kendala warga setempat untuk berkebun maupun bercocok tanam padi.

Pemdes Kolam Kanan, pergunakan Anggaran dari Dana Desa untuk bantuan kapur pada warga, dengan masing-masing kepala keluarga mendapatkn bagian 1 Ton kapur Dolomite.

Salah seorang warga, Sairin mengatakan, sangat berterimakasih dengan adanya program dari pemerintahan berupa bantuan kapur dolomite sebanyak 1 ton. “Bantuan kapur ini akan digunakan untuk memupuk tanaman keras seperti jeruk, karet dan kelapa sawit,” katanya.

Sementara itu, Kades kolam kanan Endang Sudrajat mengungkapkan, Kapur yang dibagikan ini merupakan yang kedua kalinya, target 1 ton untuk per kepala keluarga dengan jumlah sebanyak 273 Kk dari Dana Desa anggaran tahun 2021.

“Sasaran program desa ini untuk menetralisir keasaman tanah di Desa Kolam Kanan, yang mana sudah lama menjadi keluhan warga,“ ucapnya.

Kades mengungkapkan, kapur dolomite yang dibagikan ini tidak boleh dijual belikan oleh warga, dan jika ada ditemukan maka akan dikenakan denda oleh pihak pemdes kolam kanan.