HARI GINJAL SEDUNIA DIRAYAKAN SEDERHANA DI KALSEL

HARI GINJAL SEDUNIA DIRAYAKAN SEDERHANA DI KALSEL

March 13, 2021 0 By SuratKabarDigital

Banjarmasin, SuratKabarDigital.com – Selain disiplin minum obat, menjaga keseimbangan kebutuhan air dalam tubuh menjadi salah satu hal yang harus dilakukan agar seseorang yang divonis mengidap penyakit ginjal menjadi lebih fit dan sehat. Demikian disampaikan Ketua Ikatan Dokter (IDI) Wilayah Kalimantan Selatan dr HM Rudiansyah, Jumat (12/3/2021), saat memeringati Hari Ginjal Sedunia bersama jajaran RSUD Ulin Banjarmasin, di Ulin Tower Banjarmasin.

“Tema kali ini adalah Hidup Nyaman dengan Penyakit Ginjal. Displin minum obat, treatment, dan menjaga keseimbangan kebutuhan air dalam tubuh,” katanya.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Suciati mengatakan banyak acara rangkaian memeringati Hari Ginjal Sedunia.

“Karena masih suasana pandemi, sebagian acara masih menerapkan prokes. Ada seminar secara daring hingga sosialisasi ke pasien,” ucapnya.

Di Kalimantan Selatan, dr Suciati menuturkan jumlah masyarakat yang mengidap penyakit ginjal terus meningkat. Kondisi yang tak stabil dan tak selalu fit membuat pengidap berpotensi tertular Covid-19. “Kondisi mereka tak seperti orang sehat, dan tidak tidak fit. Rentan tertular Covid-19,” katanya.

Reporter: Lie
Editor: Rudy Azhary