Mon. Jul 22nd, 2024
Waktu Baca: < 1 minute

Batola, SuratKabarDigital.com – Aktivitas kesenian di Batola kembali berlangsung, Senin (06/09/2021), di Gedung Serba Guna Marabahan. Acara dibukakan langsung oleh Bupati Batola Hj Noormiliyani, yang ditandai dengan penabuhan reban. Bupati mengatakan, Pemkab Batola sangat mendorong segala kegiatan positif bernuansa keagamaan demi mendukung tumbuh kembangnya generasi-genarasi yang mencintai agama dan memiliki akhlakul karimah.

Akibat pandemi Covid-19 terjadi hambatan terhadap seluruh akivitas pemerintahan maupun masyarakat termasuk kegiatan keagamaan.

“Terdapat beberapa kegiatan bernuansa islami festival habsyi, festival hadrah, rebana, lomba jukung hias, lomba da’i anak-anak, remaja, dan dewasa, lomba busana muslim bekerjasama dengan beberapa design nasional, namun karena pandemi akhirnya terpaksa ditiadakan,” ucapnya.

Berkaitan dengan bulan Festival Muharram, Bupati menambahkan, bulan ini memang bulan yang sangat berarti bagi masyarakat muslim lebih khusus Batola.

“Namun setelah melihat situasi melandainya tingkat sebaran covid-19 akhirnya baru sekarang kegiatan bisa direalisasikan walau pun hanya tiga jenis seperti sinoman hadrah, maulid, dan fashion busana muslim,” katanya.

Sementara itu, Plt Kadisporbudpar Batola H Wahyudie mengatakan, tujuan festival selain untuk mengetahui perkembangan kesenian islami baik tradisi maupun yang bersifat modern juga untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan, wawasan, dan apresiasi budaya antar pelaku seni, pemerhati, maupun masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian memperingati tahun baru Islam 1443 Hijriyah berupa pembinaaan kreativitas group-group seni yang bernuansa islami,” ujarnya.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *