UKW PWI BANTEN, 99 PERSEN KOMPETEN

December 21, 2020 0 By SuratKabarDigital
Peserta UKW PWI asal Kalimantan Selatan dan Sumatera ber-Swa Foto bersama penguji yang juga menjabat sebagai Direktur UKW PWI Pusat Prof. Rajab Ritonga.

Banten, SuratKabarDigital.com – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan atau UKW di Provinsi Banten selama dua hari, mulai 18-19 Desember 2020, di Pendopo Lama Gubernur Banten, Kota Serang, sukses dilaksanakan. Dari total 23 peserta uji jenjang Muda dan Utama, sebanyak 22 peserta atau 99 persen dinyatakan lulus dan berhak menyandang predikat ‘Kompeten’.

“UKW PWI sudah terkenal sulit dan sangat ketat. Kali ini, ada 1 orang yang dinyatakan tidak lulus dan belum dapat menyandang predikat kompeten. Bagi yang lulus, tetap jaga profesional dan kode etik jurnalistik (KEJ), jika tidak, predikat tersebut dapat dicabut apabila terjadi pelanggaran,” ujar Direktur UKW PWI Pusat Prof. Rajab Ritonga menyampaikan sambutan saat acara penutupan, Sabtu (19/12/2020) siang.

Masih di Pendopo Lama Gubernur, Ketua PWI Provinsi Banten, Rian Nopandra mengatakan, tanggungjawab besar menanti peserta uji yang dinyatakan lulus dan kompeten.

“Setelah lulus dan kompeten maka harus bertanggungjawab atas keahliannya tersebut. Jangan sekadar menunjukkan jika dirinya sudah memiliki sertifikat lulus dan kompeten saja,” kata Rian.

Terlibat langsung menyukseskan UKW PWI di Provinsi Banten, Ketua SMSI Banten Lesman Bangun. Lesman berharap kolaborasi antar organisasi yang membidangi kegiatan jurnalistik di Indonesia terjalin baik dan berkelanjutan.


“UKW kali ini istimewa sekali. Selain tingkat kelulusan 99 persen, tentu yang paling penting adalah terjalinnya kerjasama antar organisasi dan kelembagaan,” ujar Lesman berharap hubungan baik dan kolaborasi tersebut berkelanjutan.


Dalam sambutannya, Lesman juga mengatakan, dari total 23 peserta yang mengikuti UKW, diantaranya berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan, Palembang dan Lampung.

Penutupan rangkaian KLW dan UKW dihadiri Direktur UKW PWI Pusat Prof. Rajab Ritonga, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat Firdaus, Ketua Komisi Kompetensi UKW Pusat Kamsul Hasan, Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra, Ketua SMSI Provinsi Banten Lesman Bangun serta para penguji diantaranya Cahyono Adi, CR Nurdin, dan Ikbal Hopip.

(Rudy Azhary/Red/SKD)