RAKERNAS, KAJARI BANJARBARU: SIAP IKUTI ARAHAN PRESIDEN, EKONOMI HARUS PULIH

Jajaran Kejaksaan Negeri Banjarbaru

Jakarta, SuratKabarDigital.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kejaksaan RI secara virtual atau daring, Senin (14/12/2020). Rakernas digelar serentak selama dua hari dan diikuti seluruh daerah dengan mengangkat tema ‘Komitmen Kejaksaan Menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)’.

Seperti daerah lainya di Indonesia, Rakernas juga diikuti jajaran Kejaksaan Negeri Banjarbaru secara virtual dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru Andri Irawan.

“Kiprah kejaksaan adalah wajah pemerintah dan kepastian hukum di mata rakyat maupun internasional. Tanpa kejaksaan yang bersih dan dipercaya, semua akan berjalan sia-sia. Lembaga hukum harus ditingkatkan, integritas dan profesional jaksa adalah keharusan,” kata Presiden Joko Widodo saat membuka Rakernas.

Mengikuti Rakernas secara daring.

Presiden juga menekankan bahwa pengawasan dan penegakan hukum, disiplin internal harus pula diperkuat. Termasuk di lingkungan kejaksaan yang sepatutnya bersih. Sehingga menjadi rool model penegakan hukum di Indonesia.

Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan, Rakernas tersebut sebagai ajang konsolidasi seluruh kejaksaan untuk mendesain dan menentukan corak penegakan hukum yang tepat. Dengan demikian, kejaksaan mampu berkontribusi positif dalam mengakselerasikan program pemulihan ekonomi nasional.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat membuka Rakernas Kejaksaan RI secara virtual (daring).

“Rakernas diharapkan menghasilkan rekomendasi yang mendukung dan tentunya selaras dengan visi-misi dan arah kebijakan Presiden,” ujar Jaksa Agung.

Di samping itu, dilanjutkannya, Rakernas tersebut sebagai salah satu upaya guna memulihkan pembangunan pasca pandemi Covid-19. PEN dibuat agar negara nantinya siap menghadapi ancaman yang dapat membahayakan stabilitas keuangan.
Sementara itu, Kajari Banjarbaru Andri Irawan yang turut serta mengikuti Rakernas Kejaksaan RI mengatakan, jajaran Kejaksaan Negeri Banjarbaru siap dan berkomitmen menyukseskan program dan apa yang telah diarahkan Presiden RI Joko Widodo saat membuka Rakernas secara virtual.
“Tentu kita akan menunggu hasil pembahasan Rakernas ini hingga beberapa hari ke depan. Selanjutnya, kami akan jalankan dengan optimal,” Ujarnya. (Rudy Azhary/Red/SKD)