MALAM TAHUN BARU, KAPOLRESTA BANJARMASIN: JANGAN BANDEL

Banjarmasin, SuratKabarDigital.com – Jalur masuk menuju Kota Banjarmasin akan dijaga ketat petugas menjelang malam pergantian tahun 2020-2021 untuk memastikan protokol Kesehatan diterapkan dengan baik dan mengurangi peningkatan kasus Covid-19.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, Rabu (30/12/2020) mengatakan, posko pemeriksaan telah didirikan dan para petugas siap memeriksa di semua titik akses masuk Kota Banjarmasin.

“Petugas akan memantau pergerakan masyarakat dan memastikan tak ada pelanggaran protokol kesehatan,”katanya.

Menurut Kapolresta, hal ini dilakukan untuk menekan potensi keramaian di malam tahun baru. Patroli juga akan digelar ke sejumlah tempat publik seperti kafe, rumah makan, dan lokasi berkumpul.

Tindakan tersebut dikatakan Kapolresta untuk menindaklanjuti Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 68/2020 dan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin. Petugas dilanjutkannya tak akan memberikan kelonggaran.

“Kami imbau masyarakat agar tetap berada di rumah saja, tak usah keluar rumah apalagi berkumpul di keramaian,” ucapnya.

Kapolresta menyebutkan beberapa wilayah yang menjadi pusat konsentrasi patroli seperti di kawasan Siring Sudirman dan Piere Tendean. Petugas juga akan melakukan patroli ke tempat hiburan dan wahana permainan.

Selain ke masyarakat, imbauan juga disampaikan tegas Kapolresta. Sanksi tegas akan diberikan jika ada tempat hiburan yang tak mengindahkan beroperasi hingga pukul 22.00 WITA. “Bandel, ada sanksi menunggu. Kami harap semua menaati,” ujarnya.

Kapolresta menambahkan, khusus bagi masyarakat yang menggunakan transportasi udara dari dan menuju Kalimantan Selatan untuk menaati dan wajib menunjukkan surat keterangan negatif Rapid Test Antigen paling sesuai masa berlakunya, yaitu 3×24 jam. (Lie/Red/SKD