KETUA BAWASLU RI KE BALANGAN


Balangan, SuratKabarDigital.com – Ketua Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Abhan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Selatan. Salah satunya ke Kabupaten Balangan, Minggu (5/7/2020). Abhan didampingi Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kaspiyah.

Di Balangan, Abhan dan Erna meninjau langsung proses verifikasi faktual yang sedang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan.

“Ada 2 proses tahapan Pilkada yang berpotensi menimbulkan konflik dan sengketa, yaitu verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan dan saat proses pencocokan data pemilih nanti.

“Untuk itu jajaran Adhoc Bawaslu tingkat desa dan kelurahan harus benar-benar melakukan pengawasan, agar proses verifikasi faktual ini benar-benar berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada kecurangan, ” ujar Abhan.

Abhan menjelaskan alasan dirinya berkunjung ke daerah yang menggelar Pilkada di seluruh Indonesia. “Kami memotivasi jajaran Bawaslu dari tingkat propinsi, kabupaten kota, kecamatan hingga kelurahan dan desa karena pandemi Covid-19 masih berlangsung,” ucapnya.

Abhan mengimbau seluruh panitia pelaksana juga pengawas pemilu menaati protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 berlangsung. “Kami berharap tak ada cluster-cluster baru,” ujarnya.

(Roel/Red/SKD)