HARI JADI KE-70 KABUPATEN BANJAR

Kabupaten Banjar, SuratKabarDigital.com – Peringatan hari jadi ke-70 Kabupaten Banjar digelar khidmat meski pandemi Covid-19 masih berlangsung, Jumat (14/8/2020). Turut berhadir, Wakil Bupati Banjar, Ketua DPRD Kabupaten Banjar, Sekda, Kapolres Banjar, dan perwakilan Kodim 1006 Martapura serta jajaran pejabat lingkup Pemkab Banjar. Upacara pun dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

“Tema hari jadi ke-70 Kabupaten Banjar adalah Banjar Tangguh, Produktif, dan Barokah. Memang, agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tema KK ini sangat relevan dengan kondisi saat ini, mengingat kita masih berjuang bersama melawan Covid-19,” ujar Bupati Banjar H Khailulurrahman.

Disampaikan Bupati, peringatan hari jadi adalah refleksi agar selanjutnya lebih baik dari sebelumnya.

Peringatan hari jadi juga diisi penyerahan penghargaan diantaranya Penghargaan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019. Dinas PUPR meraih predikat A (memuaskan). Predikat A juga dberikan kepada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Banjar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, BPKAD, Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sedangakan predikat BB (sangat baik) diberikan kepada Kecamatan Cinta Puri Darussalam. Predikat B diberikan kepada Dinas Sosial, Sekretariat DPRD. Dan predikat C diberikan kepada Kecamatan Pengaron dan Kecamatan Telaga Bauntung.

Untuk penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik Terbaik diraih Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kelurahan Tanjung Tema Darat, dan UPT. Puskesmas Telaga Bauntung dengan kategori sangat baik.

Bersamaan dengan itu, Pemkab Banjar juga menyerahkan secara simbolis SK kenaikan pangkat PERIODE 01 Oktober 2020 yang diwakili oleh Rina Yulianti, Kepala Bafian Ekonomi Setdakab Banjar Golongan IV, Joko Sutrisno Kepala Bidang Mutasi, Promosi dan Informasi BKDpSDM Golongan III/d, dan Rusnani Adawiyah Pengumpul Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Golongan II/d.

Penghargaan selanjutnya adalah Pemuda Pelopor Kabupaten Banjar 2020, terbaik kategori A adalah Not Habibah, Pelopor: Memberikan Bimbingan Belajar/ Les untuk SD/SMP/SMA Kecamatan Gambut.
Terbaik Kategori B Bidang Agrowisata, Syaifuddin, Pelopor: Budidaya Madu Kelulut Desa Mengkauk Kecamatan Pengaron, dan Terbaik Kategori C Bidang Sumber Daya Alam, Syahbuddin Pelopor : Pelestarian Burung Lovebird Sekumpul Kelurahan Tanjung Rema Kecamatan Martapura.

Penghargaan Ketenagaan dan Kelembagaan Penyuluhan Berprestasi Tahun 2020 kepada Fitriani (WKPP Bawahan Pasar Kecamatan Mataraman) Kategori Terbaik I, Kategori Petani Terbaik I kepada Darwadi dari Desa Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Gapoktan Terbaik I Warga Bahagia (Desa Simpang Warga Dalam Kecamatan Aluh Aluh, Untuk kategori BPP, terbaik I adalah Karang Intan.

Pada kesempatan ini juga diserahkan secara simbolis mobil operasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar dan Bank Kalsel cabang Martapura. (Rey/Red-RA/SKD)