BUPATI BATOLA FOKUS BENAHI DAERAH


Batola, SuratKabarDigital.com – Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani mengikuti acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season VIII bersama enam Kepala Daerah lainnya, yang diselenggarakan MNC Portal Indonesia, Selasa (06/07/2021). Masing-masing Kepala Daerah diuji oleh guru dari berbagai universitas terkemukan di Indonesia dalam menjalankan visi pemerintahan selama pandemi Covid-19 saat ini.

Noormiliyani mengatakan dirinya fokus menjalankan visi dan misinya tentang pembangunan. “Membangun desa dan menata kota. Batola merupakan wilayah pertanian dengan mayoritas pekerjaan masyarakatnya sebagai petani, potensi besar pertanian Batola telah menjadi penyumbang produksi padi terbesar di Kalimantan Selatan (Kalsel) di samping jeruk dan nanas,” katanya.

Masih kata Bupati, berbagai program unggulan yang ia terapkan saat ini, seperti bedah kampung terintegrasi, pembangunan jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan seperti Kecamatan Tamban, Mekarsari, hingga Tabunganen (Tamansari Bunga) yang berada di wilayah selatan Batola, pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Kuripan, Tabukan, Bakumpai hingga Marabahan (Kuta Bamara) yang berada di wilayah utara Batola.

Menurutnya, pandemi Covid-19 memaksa banyak program yang harus ditunda akibat dialihkannya anggaran.

“Namun, pihak kami tetap berupaya menjalankan kegiatan yang menjadi prioritas seperti program Kabupaten Layak Anak (KLA), Membentuk Satgas Pelayanan Publik, program pinjaman pembelian pupuk tanpa bunga, dan lainnya,” ucapnya.

Adapun program pembangunan lainnya yang terus dikejar untuk diselesaikan seperti pembangunan Jejangkit Ecopark, Community Based Tourism, Corporate Farming, serta pembangunan Incenerator Limbah Medis B3 yang menjadi satu-satunya di Kalsel.