WARGA KEBANJIRAN, DINSOS BANJARBARU: DANA HABIS, DAPUR UMUM DIHENTIKAN

Dapur Umum Dinsos Kota Banjarbaru di halaman Kantor Dinsos

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Banjir juga melanda sejumlah wilayah Kelurahan Landasan Ulin Timur. Ditemui di kantornya, Selasa (12/1/2021), Lurah Landasan Ulin Timur Deni Ari Surya mengatakan, debit air terus meningkat. “Lebih 1000 jiwa terpaksa mengungsi karena air masuk ke rumah hingga setinggi lutut orang dewasa,” katanya.

Posko banjir, ditambahkan Lurah juga sudah didirikan di bekas Kantor Kelurahan Landasan Ulin Timur di Jalan Hercules. “Ada bantuan swadaya dari kecamatan, kelurahan, RT dan RW seperti sembako, nasi bungkus. Kami juga dapat laporan ada warga yang belum makan sejak kemarin karena banjir. Ada juga warga yang dievakuasi karena kondisi kesehatan akibat mengidap penyakit stroke,” ucapnya.

Dikonfirmasi perihal bantuan musibah banjir, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Banjarbaru, Laily Chairani membenarkan adanya warga yang terdampak banjir kesulitan makanan. “Dapur umum didirikan di halaman kantor Dinas Sosial untuk membantu korban banjir di Banjarbaru, sifatnya tanggap darurat dan SOP-nya hanya tiga hari,” ujarnya.

Laily beralasan, pendirian dapur umum di halaman kantor Dinas Sosial lantaran posisinya dekat dengan Pasar Bauntung. “Ada bantuan 100 liter beras dari BPBD Kota Banjarbaru, 25 liter beras dari PDI Perjuangan, satu dos mie instan, satu pack mie keriting, dan pinjaman dana dari Pemko,” ujarnya.

Terkait jumlah bantuan, Laily menjelaskan disesuaikan dengan data yang diberikan pihak kelurahan. “Hari ini terakhir kami memberikan bantuan karena bahan masakan dan dananya sudah habis,” ujarnya.

Reporter: Randi
Editor: Rudy Azhary