WABUP BATOLA: TANGANI SEGERA MUNAWARAH

WABUP BATOLA: TANGANI SEGERA MUNAWARAH

January 6, 2021 0 By SuratKabarDigital

Barito Kuala, SuratKabarDigital.com – Wakil Bupati Batola Rahmadian Noor memerintahkan ke SKPD terkait agar Munawarah – anak perempuan berusia 12 tahun – di Desa Tabatan, Kecamatan Kuripan, penderita Celebral Palsy atau kelumpuhan otak mendapatkan penanganan medis khusus segera.

Hal tersebut dikatakannya, Rabu (6/1/2021), usai menjenguk kondisi kesehatan puteri Arbain dan Kana yang berprofesi sebagai buruh tani sawit di Desa Tabatan. Wakil Bupati tiba bersama Dandim 1005 Marabahan Letkol Arm Ari Priyudono, dan sejumlah Kepala Dinas terkait.

“Kami ingin memastikan langsung kondisinya seperti apa. Kami akan upayakan agar Munawarah mendapatkan penanganan medis dari dr Spesialis Anak,” kata Wakil Bupati.

Munawarah menderita kelumpuhan otak sejak berusia sembilan bulan. “Gejala awalnya demam tinggi yang mengarah ke Meningitis, yaitu infeksi pada selaput otak yang mengakibatkan komplikasi dan berakibat Celebral Palsy,” ujar Aprijia Nazzai, dokter di Puskesmas Kuripan mengatakan penanganan medis harus segera dilakukan.

Dikunjungi Wakil Bupati, Dandim 1005 Marabahan, dan para Kepala Dinas, ayah Munawarah, Arbain menuturkan, puterinya masih dapat berinteraksi, tetapi menggunakan bahasa isyarat. “Masih mengangguk dan tersenyum. Selama ini berbaring di kasur tipis beralas sarung saja. Dulu sempat dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, namun kondisinya belum banyak mengalami perubahan signifikan,” katanya.

Sebagai buruh tani sawit, Arbain berterima kasih telah dikunjungi Wakil Bupati dan Dandim 1005 Marabahan. “Saya hanya buruh tani sawit. Penghasilan saya tidak mencukupi untuk biaya pengobatan puteri saya. Terimakasih atas perhatian dan bantuannya,” ujar Arbain.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Bupati juga menyerahkan tali asih sebesar Rp10 juta, bantuan dari Dinas Kesehatan, dan paket sembako dari Dandim 1005 Marabahan. Selanjutnya, melalui Kepala Desa setempat akan diarahkan ke Yayasan Peduli Batola yang merupakan binaan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS agar segera mendapatkan bantuan pengobatan.

Reporter: Hym
Editor: Rudy Azhary