SEKDA BATOLA BUKA FGD

Batola, SuratKabarDigital.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Batola Zulkipli Yadi Noor, membuka acara Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Kerja dan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA SKPD) Tahun Anggaran (TA) 2022, Senin (30/8/2021), yang diikuti oleh para pejabat administrasi, pejabat pengawas, serta unsur pelaksana di 47 SKPD lingkup Pemkab Batola.

Dalam sambutannya, Sekda memberikan materi tentang kebijakan umum anggaran dan prioritas pembangunan daerah, pihak Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah Kemendagri menyangkut sosialisasi PMDN Nomor 27 Tahun 2021, Kepala BP2RD terkait pendapatan asli daerah, dan penyusunan RKA diberikan oleh TAPD.

“FGD ini diberikan agar para peserta memperoleh pemahaman mengenai penyusunan RKA SKPD 2022 yang menggunakan aplikasi SIPD dengan server data terpusat di Kemendagri dengan berpedoman kepada PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Penyusunan APBD TA 2022,” katanya.

Masih kata Sekda, pada 5 agustus 2021 lalu, kesepakatan KUA dan PPAS TA 2022 telah disepakati sehingga tahap selanjutnya dilakukan penyusunan RAPBD sebagai penjabaran dari KUA dan PPAS agar lebih terperinci dan terarah. “Baik menyangkut indikator maupun struktur belanja yang direncanakan,” ucapnya.

Lanjut Sekda, aplikasi SIPD yang diterapkan pihak Kemendagri ini masih baru dan belum familiar bagi semua peserta, sehingga memungkinkan adanya kendala-kendala dalam penerapannya.

“Namun, jika disertai semangat dan tekad yang kuat maka penerapan aplikasi akan bisa dilaksanakan sesuai target dan harapan semua dalam rangka mensinkronisasikan dan mensinergikan RKA yang disusun masing-masing SKPD,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *