SATGAS KARHUTLA MULAI BERGERAK DI BALANGAN

SATGAS KARHUTLA MULAI BERGERAK DI BALANGAN

July 16, 2020 0 By SuratKabarDigital


Balangan, SuratKabarDigital.com – Upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Balangan mulai digalakkan. Salah satunya Satgas Karhutla di Kecamatan Lampihong yang menggelar sosialisasi ke masyarakat yang berada di kawasan rawan Karhutla. Menjadi bagian dari Satgas Karhutla bersama TNI dan BPBD, Kapolsek Lampihong IPTU Kuswanto mengatakan, ada dua daerah yang menjadi titik rawan Karhutla di Kecamatan Lampihong, yaitu Desa Tampang dan Teluk Karya.

“Kedua desa ini wilayahnya merupakan lahan gambut. Aksesnya pun terbatas karena masih jalan setapak. Dalam sosialiasi ini, kami mendatangi rumah-rumah warga dan mengecek debit air dan menijau lahan lahan yang rentan terbakar,” ujar Kapolsek, Kamis (16/7/2020).

Sejak berstatus siaga Karhutla, kata Kapolsek, kegiatan pencegahan terus dilakukan. Satgas terus melakukan sosialisasi secara bergiliran. “Kami imbau agar warga turut membantu mencegah terjadinya kebarakan hutan dan lahan. Kami harapkan masyarakat turut berpartisipasi bersama kami,” ucapnya.
(Roel/Red/SKD)