slot dana

slot deposit via dana

slot ovo

slot deposit dana

situs slot dana

daftar slot dana

RESMIKAN UNIT TRANFUSI DARAH, GUBERNUR: SEMOGA KESEMBUHAN COVID MAKIN MENINGKAT - SuratKabarDigital

RESMIKAN UNIT TRANFUSI DARAH, GUBERNUR: SEMOGA KESEMBUHAN COVID MAKIN MENINGKAT

0 0
Read Time:1 Minute, 32 Second

Banjarmasin, SuratKabarDigital.com – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor meresmikan unit transfusi darah rumah sakit atau UTDRS RSUD Ulin Banjarmasin dan plasma konvalesen bagi pasien covid-19, Selasa (8/9/2020).

“Alhamdulillah sekarang ada layanan plasma konvalesen di RS Ulin untuk membantu penyembuhan pasien covid,” ungkap Paman Birin didampingi Plt Dirut RS Ulin Izaak Zoelkarnain dan Kadinkes Kalsel, HM Muslim.

Menurut Paman Birin, Pemprov Kalsel melalui gugus tugas terus berupaya keras menekan angka kematian akibat Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan. “Saya bersyukur sekarang sudah ada layanan plasma darah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesembuhan,” katanya.

Paman Birin meminta masyarakat tidak lengah dengan penularan Covid-19. “Terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, mari kita gotong royong menghadapi Covid-19,” kata Paman Birin.

Sementara itu, dr Izaak Zoelkarnain, mengatakan penyediaan UTD dan layanan plasma darah di RS Ulin sesuai instruksi Gubernur Kalsel Paman Birin. “Seluruh peralatan terapi plasma darah dan UTD termasuk pelatihan SDM untuk petugas dianggarkan melalui BPBD Provinsi Kalsel,” katanya.

Terapi plasma darah adalah terapi penyembuhan pasien Covid menggunakan darah dari donor penyintas Covid-19. “Donor penyintas Covid-19 adalah mereka yang sudah pernah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 dan sembuh dari infeksi tersebut lebih dari 14 hari,” Izaak menjelaskan.

Donor penyintas melalui cara pengambilan plasma darah di dalam tubuh dan diteliti. Hasilnya akan diberikan kepada pasien Covid-19 yang sedang terinfeksi dengan gejala berat.

Alat plasma darah di RS Ulin sudah diuji dengan 2 plasma darah penyintas Covid. “Bagi penyintas yang ingin mendonorkan darah dipersilakan namun melalui seleksi tingkat anti bodinya,” kata Izaak.

Dari 10 orang penyintas yang ingin donor darah diterima rata-rata 20 persen. “Sebelumnya kita mendatangkan plasma darah untuk penyembuhan pasien Covid dari RS Gatot Soebroto, tapi sekarang kita punya alat plasma darah sekaligus Unit Transfusi Darah, jadi kami sangat berterima kasih atas dukungan bapak Gubernur Kalsel,” kata Izaak.(Lie/Red-Wan/SKD)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related Posts

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 SuratKabarDigital - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress