PENENDATANGANAN BATAS WILAYAH BATOLA DAN TAPIN

0 0
Read Time:1 Minute, 26 Second

Batola, SuratKabarDigital.com – Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormilliyani sepakat bersama Bupati Tapin HM Arifin Arpan menandatangani batas wilayah masing-masing di Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Bidang Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (15/12/2021). Kedua belah pihak menandatangani kesepakatan di hadapan Ditjen Bina Administarasi Kemendagri RI, Sugiarto, dan Kepala Bagian Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan (Kabagpem Prov Kalsel) Maman Suherman. 

Batas wilayah antara Batola dan Tapin yang diselesaikan berada di Kecamatan Kuripan dan Kecamatan Bakumpai, sedangkan disisi Tapin berada di Kecamatan Candi Laras Utara, perbatasan wilayah antar kabupaten yang diselesaikan ada 61 Kilometer. 

Diketahui, Batas wilayah Batola dimulai dari Desa Buas Buas, Desa Buas Buas Hilir, Desa Teluk Haur, Desa Batalas, Desa Sungai Salai, Desa Sungai Salai Hilir dan Desa Kaladan Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin dengan Desa Tabatan Baru, Desa Tabatan, Desa Rimbun Tulang, Desa Kuripan, Desa Jarenang, Desa Asia Baru, Desa Kabuau, Desa Jambu, Desa Jambu Baru Kecamatan Kuripan, Desa Balukung, Desa Banitan, Desa Murung Raya, Desa Banua Anyar, Kelurahan Lepasan, Desa Batik Kecamatan Bakumpai Sawahan Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala.

Ditjen Bina Administrasi Kemendagri RI Sugiarto menyampaikan, penyelesaian batas wilayah antara Kabupaten Batola dan Tapin merupakan sebuah prestasi.

Menurutnya, di daerah lain ada yang sampai 30 tahun belum bisa menuntaskan bahkan ada yang sudah ditandatangani namun digugat kembali oleh pihak DPRD-nya. “Dengan ditandatanganinya kesepakatan ini maka proses penyusunan Permendagrinya akan lebih cepat, sehingga kepastian wilayah yang berujung pelayanan pada masyarakat bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Bupati Batola Hj Noormilliyani mengatakan, Kesepakatan ini tidak akan tercapai jika tidak ada kearifan dari semua pihak.

“Inisangat penting dalam pengadministrasian wilayah Kabupaten Barito Kuala. Jika nanti permendagri terkait batas wilayah dengan Tapin ini selesai maka batas wilayah Batola telah selesai,” ucapnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related Posts

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 SuratKabarDigital - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress