LANGKAH KEBIJAKAN PEMKAB BATOLA 2021

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS saat diwawancarai awak media

Marabahan, SuratKabarDigital.com – Persiapan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) menjelang hari jadi ke-61 pada 4 Januari 2021. Salah satunya dengan menggelar jumpa pers dengan para awak media. Jumpa pers yang digelar di Aula Selidah tersebut, dihadiri Bupati Hj Noormiliyani AS, Pimpinan DPRD Hj Arpah, Pj. Sekda H Abdul Manaf, pimpinan SKPD dan unsur Forkompinda.

Dalam jumpa pers tersebut, Bupati menyampaikan visi-misi, kinerja 2020, serta indikator yang ditargetkan melalui RPJMD. Program prioritas ‘Membangun Desa dan Menata Kota’, Kutabamara, Jejangkit Ecopark, dan laporan percepatan penanganan Covid-19 juga disampaikan beserta hal-hal strategis lainnya selama kepemimpinan Bupati Batola Hj Noormiliyani AS.

“Meski terjadi pengurangan dana transfer dari Pemerintah Pusat, kami masih dapat mengalokasikan anggaran untuk program dan kegiatan prioritas seperti program kesehatan, pendidikan, infrastruktur khususnya Kutabamara. Termasuk program Bedah Kampung Terintegrasi (BKT), dan program strategis lainnya,” kata Bupati.

Tentang tahun pelayanan publik, Bupati menjawab, Pemkab Batola telah membentuk Satgas Pelayanan Publik yang langsung diketuai Wakil Bupati H Rahmadian Noor. Satgas memiliki tugas diantaranya melakukan evaluasi, pembenahan, dan penataan menuju penyempurnaan pelayanan kepada masyarakat pada 2021 nanti.

Di sektor pendidikan, Bupati mengatakan, penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan diselenggarakan awal Januari 2021dengan membagi dan mengatur jam belajar dan jumlah kehadiran peserta didik. Untuk menghindari penyebaran Covid-19, protokol kesehatan diterapkan dengan ketat.
“Tidak semua orang tua murid kemampuan ekonominya sama. Ada yang mampu membelikan andorid dan kebutuhan kuota internetnya. Kami akan pantau bersama Dinas Pendidikan dan Gugus Tugas di awal pelaksanaan dan memastikan tingkat keamanannya bagi peserta didik,” ujar Bupati.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Batola, Hery Sasmita saat memandu jumpa pers mengatakan, tema hari jadi adalah Meningkatkan Kualitas Pelayanan Menuju Kesetaraan.

Sejumlah pertanyaan juga dilontarkan para awak media ke pimpinan SKPD yang turut berhadir. Misalnya seperti peningkatan layanan publik, penyelenggaraan PTM, kerjasama BPJS, Pemilihan Kepala Desa secara e-voting, hari jadi di masa pandemi hingga kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur 9 Desember nanti. (Hym/Red/SKD)