KETUA DEKRANASDA BANJARBARU DILANTIK

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin melantik dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Kota Banjarbaru, Selasa (21/12/2021) masa bhakti 2021-2024 di Aula Gawi Sabarataan Pemko Banjarbaru. Wali Kota mengatakan, agar sinergi dan kolaborasi antara Dekranasda dengan pemerintah Kota Banjarbaru bisa terus berlanjut.

Wali Kota juga berharap, pengurus yang baru dilantik hari ini bisa membuat program-program inovasi sehingga tujuan bersama dan visi misi Banjarbaru ini bisa tercapai.

“Agar cita-cita kita untuk membuat program produk daerah bisa naik level. Dari daerah menuju nasional dan mudah-mudahan bisa tembus internasional, itulah target Dekranasda Kota Banjarbaru,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Banjarbaru Vivi Mari Zubedi Aditya Mufti Ariffin menyampaikan, Dekranasda merupakan organisasi independen yang mempunyai misi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan melalui program pembinaan.

Vivi melanjutkan, pelatihan dan pemasaran atau promo hasil kerajinan dengan mengikut sertakan dalam berbagai event pameran baik dalam maupun luar negeri.

“Sesuai dengan fungsi dan tugasnya, keberadaan Dekranasda yakni sebagai perpanjangan tangan serta mitra kerja pemerintah untuk menggali, melindungi, melestarikan, membina dan mengembangkan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya bangsa untuk kesejahteraan pengrajin Kota Banjarbaru khususnya,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi tugas Dekranasda untuk dapat membuat hasil produk UKM lebih dikenal di pasaran. Untuk itu, peran dan eksistensi serta keberadaan Dekranasda harus diperkuat, sehingga perannya dapat dirasakan utamanya oleh para UKM di Kota Banjarbaru.
A

“Kita memiliki banyak produk unggulan. Salah satunya yang baru lahir Bhanjaruu Bags yang Alhamdulillah mendapatkan juara penjualan terbaik ke 3 pameran di Singapura. Kita juga mempunyai purun yang sekarang kita olah menjadi purun sulam, juga perpaduan purun dengan rajut dan termasuk sasirangan,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *