HINDARI POLITIK UANG DAN IDENTITAS 2024, KPU DAN DPR-RI SOSIALISASI DI BANJARBARU

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Politik uang dan politik identitas menjadi perhatian Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Pemilu Serentak 2024 mendatang. Bersama Komisi II DPR-RI, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia  (KPU-RI) menggelar sosialisasi, Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) juga turut serta dilibatkan.

Dari Komisi II DPR-RI, Rifqinizami Karsayuda dalam sosialisasi tersebut menyampaikan, peran pemuda penting untuk memfilter agar politik uang dan identitas itu tidak tejadi dan memecah belah bangsa, persaudaraan, dan agama.

“Sosialisasi ini menjadi wadah para mahasiswa -mahasiswi, pemuda dan pemudi untuk turut mengawal Pemilu Serentak dari ancaman politik uang dan identitas,” ujar Rifqinizami yang didampingi Windi Novianto dari DRPD Kota Banjarbaru, Senin (26/9/2022) di Banjarbaru.

Masih di tempat sama, Lusius Karus dari Formappi mengatakan pemilihan umum yang direncanakan pada 14 Februari 2024 nanti telah melalui proses alot dan banyak pertimbangan.

“Pemilu serentak nasional dan daerah tentu menyita waktu dan energi lebih penyelenggara agar benar-benar berlangsung baik,” katanya.

Dirinya juga menyinggung politik uang. Menurutnya, adanya politik uang merusak demokrasi di Indonesia. Belum lagi, dilanjutkannya, persoalan data pemilih, administrasi koalisi parpol dan ancaman berita hoaks. (Rudy Azhary, red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *