BUPATI TANAM PORANG BERSAMA PETANI

0 0
Read Time:1 Minute, 10 Second

Batola, SuratKabarDigital.com – Bupati Kabupaten Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani menanam porang bersama petani di Desa Sumber Rahayu Kecamatan Wanaraya, Kamis (11/11/2021). Kepala Dinas Pertanian Batola Murniati mengatakan, tanaman porang ini memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Perkilonya bisa sampai 7-8 ribu rupiah. Belum lagi dengan daya tahan tanaman yang kuat dan bisa ditanam tumpang sari bersama tanaman produktif lain seperti jagung lombok dan sebagainya, ” ujar Murniati.

Menurut Murniati, di Wanaraya rencananya terdapat 42 hektare lahan yang akan ditanam porang dengan lahan yang telah ditanami porang seluas 30 hektare.

“Dengan masa tanam yang relatif singkat yakni satu tahun serta perawatan yang minim, tanaman ekspor ini tentu menjanjikan, para petani bisa mempertahankan budidaya porang dengan tidak menggunakan pupuk kimia ataupun bahan kimia lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani mengucapkan, rasa gembira dan syukur atas semangat dan kemauan dari para petani di Desa Sumber Rahayu. Hal ini terbukti dengan upaya para petani mengembangkan komiditi pertanian baru yang memiliki nilai ekonomis tinggi yakni porang ini.

“Kita sama-sama berharap tanaman porang ini dapat tumbuh dan berkembang baik sehingga dapat memberikan alternatif usaha kepada masyarakat setempat, ” katanya.

Ketua Aliansi Porang Indonesia (ASPI) Kabupaten Barito Kuala Trisno Subroto menyampaikan, para petani di Desa Sumber Rahayu sudah melakukan uji coba penanam porang sejak 2019 lalu.

“Kami coba-coba ternyata menjanjikan. Para petani malah berani mengambil pinjaman KU tuk modal perluasan pertanian,“ ucap Trisno.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related Posts

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 SuratKabarDigital - Theme by WPEnjoy · Powered by WordPress