BERANTAS BUTA AKSARA, LAPAS BANJARBARU BERIKAN FASILITAS BELAJAR BACA TULIS KE WBP


Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Banjarbaru menyediakan program berantas buta aksara. Kalapas Kelas II B Banjarbaru, Amico Balalembang melalui Kasi Binadik Lapas Banjarbaru Septyawan Kuspriyo menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Lapas Banjarbaru kepada WBP.

“Tentunya sebagai bekal mereka saat sudah bebas nanti. Seperti saat ingin mencari pekerjaan, mereka jadi bisa membaca dan menulis,” katanya, Kamis (15/9/2022).

Dengan tenaga pelajar dari empat orang petugas Lapas Banjarbaru, lanjut Septya, ada sebanyak 20 WBP yang mengikuti program berantas buta aksara tersebut.

Kasi Binadik Lapas Banjarbaru Septyawan Kuspriyo

“Kegiatan belajar dilakukan dari hari Senin hingga Sabtu, dimulai dari pukul 9 pagi hingga 11 siang,” ucapnya.

Masih kata Septya, WBP yang ikut belajar tersebut mereka yang sebelumnya putus sekolah, bahkan ada yang sama sekali tidak pernah menyentuh dunia pendidikan sehingga merekalah yang menjadi target utama dalam kegiatan pembelajaran.

“kegiatan berantas buta aksara ini tidak mengenal usia, mulai dari yang muda hinga lanjut usia. Semoga dengan adanya kegiatan ini, tidak ada lagi WBP yang belum bisa membaca dan menulis, sehingga ini dapat menjadi bekal ketika mereka bebas nanti.” ucapnya. (Randi, Rudy Azhary, Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *