APRESIASI HINGGA KADO HARI JADI KE-22 BANJARBARU

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menghadiri acara penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara Pemko Banjarbaru dengan mitra kerja, Kamis (22/4/2021), di Aula Gawi Sabarataan, Balai Kota Banjarbaru. Wartono didampingi Sekda H Said Abdullah. Hadir pula Direktur Pencatatan Sipil Dirjend Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI Dr Handayani. Wakil Ketua DPRD Napsiani Samandi, Kadisdukcapil Sri Fatma Karmailita, dan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hj Rahmah Khairita.

Dalam acara itu, ada tiga kesepakatan yang ditandatangani, yakni antara Pemko Banjarbaru dengan Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan PT TASPEN (Persero) mengenai penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik di Kota Banjarbaru.

Kerjasama selanjutnya yaitu dengan PT Pos Indonesia (Persero) Regional IX Banjarbaru 70704 dan Usaha Mikro Kecil Jasa Pengiriman Amang Kurir (AKUR) Banjarbaru tentang pengiriman dokumen kependudukan dan pencatatan sipil.

Kerjasama ketiga yang ditandatangani bersama yaitu antara Pemko Banjarbaru dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) teksit Perencanaan, Pengembangan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Hakikat pelayanan publik adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan wujud kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat,” kata Wakil Wali Kota saat menyampaikan sambutannya.

Wartono mengatakan MPP harus mampu memadukan sebuah layanan dengan teknologi untuk percepatan pelayanan, akurasi, dan fleksibilitas kerja sesuai tujuan dibentuknya MPP.

Di lokasi berbeda, Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin Launching ADM adalah bentuk komitmen pemerintah kota untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. “Selain komitmen, ini juga langkah konkret pengembangan layanan MPP. Saya harap mesin ADM dapat dimanfaatkan masyarakat. Ini kado hari jadi ke-22 Kota Banjarbaru,” kata Wali Kota.

Wali Kota menjelaskan, terselenggaranya layanan ADM ini tak lepas dari komitmen pemerintah pusat membantu. “Ini layanan yang pertama di Kalsel. Terimakasih pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri Ibu Dr Handayani Ningrum, dan atas capaian Disdukcapil Kota Banjarbaru karena memberikan warna pelayanan yang inovatif bagi masyarakat Banjarbaru,” ujarnya.

Acara penandatanganan kerjasama mitra kerja itu ditutup dengan peninjauan MPP, dan launching mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri). ADM adalah mesin pencetak dokumen kependudukan. Bentuknya seprrt halnya mesin ATM. Warga kemudian dapat mencetak sendiri melalui mesin tersebut, dan mengefisienkan waktu karena jauh lebih cepat dari sebelumnya. (Adv/RA)