ANAK BERUSIA LIMA TAHUN POSITIF, JUBIR COVID-19 BANJARBARU: JANGAN ANGGAP ENTENG

Banjarbaru, SuratKabarDigital.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjarbaru, Rabu (24/6/2020), melalui Juru Bicara Rizana Mirza mengatakan, penularan Covid-19 di Kota Banjarbaru cukup membahayakan. Dari hasil data sebaran Covid-19 per 24 Juni 2020, orang terkonfirmasi positif bertambah empat orang. Tiga diantaranya merupakan satu keluarga.

“Ada yang satu keluarga. Kami kembali mengingatkan ke seluruh lapisan masyarakat bahwa penularan COvid-19 cukup membahayakan bagi kita. Jadi, harus menjaga keluarga masing-masing dan menaati anjuran dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Pakailah masker di setiap kegiatan, baik di rumah atau di luar, menjaga jarak 1 hingga 2 meter dengan orang lain, hindari keluar rumah jika tidak diperlukan, dan selalu mencuci tangan usai beraktivitas serta tidak menyentuh bagian tubuh yang menjadi jalur masuknya virus seperti mulut, hidung dan mata,” kata Rizana.

Rizana merincikan data sebaran terbaru, di Kecamatan Liang Anggang total ODP-0, PDP-2, terkonfirmasi positif 15 orang. Di Kecamatan Landasan Ulin, jumlah ODP-49 orang, PDP-0, terkonfirmasi positif sebanyak 54 orang. Sedangkan di Kecamatan Banjarbaru Utara, jumlah ODP sebanyak 3 orang, PDP-0 dan 25 orang terkonfirmasi positif. Di Banjarbaru Selatan total ODP-4 orang, PDP-1 orang dan terkonfirmasi positif 15 orang. Terakhir di Kecamatan Cempaka, dilanjutkan Rizana, total ODP sebanyak 1 orang, PDP-0 dan terkonfirmasi positif sebanyak 8 orang.

“Di Banjarbaru sebanyak 172 terkonfirmasi positif dengan rincian yang masih dirawat sebanyak 119 orang, sembuh 39 orang, dan meninggal dunia sebanyak 10 orang. Dari 10 yang meninggal, satu orang di RS Hasan Basri Hulu Sungai Selatan, 9 lainnya di RSD Idaman Banjarbaru,” ujar Rizana.

Warga diharapkan tak menganggap enteng Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. “Kami sudah melihat korban yang sudah meninggal di rumah sakit,” katanya. (Rudy Azhary/Rismana/Red/SKD)